Kartu kredit merupakah salah satu alat pembayaran praktis yang membantu untuk mempermudah transaksi. Namun, tetap ada hal yang perlu diperhatikan dibalik kemudahan ini. Jika digunakan tanpa perencanaan, bisa menjadi pemborosan finansial. Sebelum mengajukan kartu kredit, ada baiknya kamu memahami beberapa hal penting agar penggunaanya bijak, berikut penjelasanya:
Pahami bahwa fungsi kartu kredit bukan merupakan uang tambahan bagi penghasilan kamu, kartu kredit adalah fasilitas pinjaman jangka pendek dari bank yang harus dibayar kembali sesuai tagihan. Nantinya bank akan membayar transaksi kamu terlebih dahulu, lalu kamu wajib melunasinya sesuai tenggat waktu yang disesuaikan. Jika pelunasan terlambat, akan ada denda dan bunga yang wajib kamu bayarkan.
Sebelum mengajukan kartu kredit, kamu harus mengetahui kondisi keuangan yang kamu miliki dan kemampuan untuk membayar tagihan tepat waktu. Pastikan bahwa total tagihan yang dimiliki tidak melebihi 30% dari penghasilan bulanan.
Cari tahu dan pelajari syarat dan ketentuan kartu kredit yang ingin kamu ajukan, pahami terkait bunga, sistem cicilan, biaya tahunan, denda keterlambatan, dan limit maksimal. Memahami hal ini akan membantu kamu memiliki strategi pelunasan yang sesuai.
Terdapat berbagai jenis kartu kredit dengan berbagai fitur dan manfaat yang berbeda-beda, mulai dari promo, poin reward, cashback, dan limit transaksi. Pilih yang benar-benar sesuai dengan gaya hidup dan kondisi keuangan kamu, agar manfaatnya maksimal.
Pahami konsekuensi menunggak tagihan, mulai dari menambah bunga, denda, dan juga membuat riwayat kredit buruk. Hal ini mempersulit kamu jika ingin mengajukan pinjaman lain di masa depan.
Kartu kredit bisa menjadi alat finansial yang bermanfaat jika digunakan dengan bijak. Kuncinya ada pada pemahaman, perencanaan, dan disiplin membayar tagihan tepat waktu. Jangan jadikan kartu kredit sebagai hal yang konsumtif, tapi gunakan sebagai alat pembayaran yang aman dan memberi manfaat tambahan.
Sebagai informasi, saat ini KrediOne hanya memiliki surat elektronik atau email resmi melalui cs@kredione.id atau customer service hotline di (021) 50880188 pada jam kerja, mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB. Selain itu, terkait perihal pembatalan pinjaman KrediOne dapat menghubungi customer service kami di email yang tertera di atas.
Kantor Pusat
Sampoerna Strategic Square North Tower Lt 27,Kantor Pelayanan Pelanggan
Komplek Arteri Mas No 64 dan 64B,Disclaimer Risiko
Copyright © 2025 PT Inovasi Terdepan Nusantara.
All right reserved